Perempuan Normal Bisa Berubah Jadi Lesbian?

On Sabtu, 16 Oktober 2010 0 komentar


KOMPAS.com — Anda mungkin pernah mendengar kisah cinta Ellen Degeneres dan Portia De Rossi, Cynthia Nixon (pemeran Miranda di Sex and the City) dan Christine Marinoni, atau Jane Lynch (bintang Glee) dan Lara Embry. Hampir semua pasangan lesbian ini dulunya pernah menjalani hubungan sebagai heteroseksual. Ketika usia mereka semakin matang, barulah mereka menyadari ada kecenderungan kuat dalam diri mereka untuk menjadi lesbian.

Sebuah studi komprehensif mengenai seksualitas perempuan rencananya akan dipresentasikan ke pertemuan tahunan American Psychological Association bulan depan. Studi ini menunjukkan pertumbuhan yang mengejutkan mengenai jumlah lesbian "yang baru sadar belakangan", yaitu para perempuan yang mengubah seksualitas mereka ketika memasuki usia 30 tahunan. Cynthia Nixon (43), contohnya, baru memulai hubungan dengan Marinoni pada 2004.

Temuan ini juga menunjukkan, seksualitas perempuan cenderung lebih mudah berubah daripada pria. Terlihat bahwa beberapa perempuan telah menjalani pernikahan yang lama, tetapi kemudian gagal, sebelum akhirnya muncul kecenderungan lesbian dan biseksual pada awal usia paruh baya. Tak jarang mereka meninggalkan suami dan anak-anak mereka dalam keadaan bingung.

Sebagian perempuan tersebut berusaha menutupi kecenderungan untuk jadi lesbian demi mempertahankan keluarga. Sebagian yang lain tidak pernah punya keinginan untuk mengubah preferensi seksualnya sampai memasuki paruh baya. Tentu ada konsekuensi untuk keputusan tersebut dan cukup traumatik.

Menurut Christian Moran, yang mengadakan studi tersebut di Southern Connecticut State University, banyak perempuan yang awalnya mengalami trauma psikologis ketika mencoba menyambung kesetiaan mereka pada keluarga, sementara mereka juga tertarik pada perempuan.

Mengakui kecenderungan sebagai lesbian ini, bagi sebagian perempuan, terasa melegakan. Namun, bagi yang lain, hal ini dapat merusak hubungan keluarga.

Lynn Volante (53), meninggalkan pernikahannya yang sudah berjalan 16 tahun demi meniti hubungan dengan seorang perempuan. Ia sadar bahwa ia sangat menyakiti keluarganya, tetapi, "Aku tak pernah berniat menyakiti siapa pun. Aku hanya ingin jujur dengan perasaanku sendiri," ujarnya. Keluarganya kini bisa menerima keputusannya. Namun, ia mengerti bila mereka tak akan pernah memaafkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Cari Blog Ini

Untuk Download gratisannya silahkan klik disini